Mempromosikan sebuah karya

Setiap orang pasti berpikiran untuk menjual sebuah karya yang dibuatnya, namun terkadang bingung bagaimana cara mempromosikannya karna belum memiliki pelanggan atau baru memiliki sedikit pelanggan. Dalam berbisnis memang perlu strategi yang tepat untuk meraih kesuksesan, maka strategi pemasaran dan promosi karya harus sesuai dengan kebutuhan dalam berbisnis. Untuk itu saya akan membahas tentang cara mempromosikan karya.
Berikut adalah cara mempromosikan karya:

1. Melalui sosial media

Di era yang serba digital ini, sosial media merupakan peranan penting dalam mempromosikan sebuah penjualan. Promosi dilakukan dengan memperkenalkan karya yang kita miliki kepada khalayak. Buatlah data yang sesuai dengan target pasaran. Lakukan juga pendekatan dengan target yang akan kita tuju, secara ramah agar mereka memiliki simpati terhadap kita.

2. Buat kartu nama bisnis

Sebarlah kartu-kartu nama itu di sekitar, baik di saat pameran karya, toko-toko, restoran setempat maupun tempat tempat umum yang biasa dikunjungi oleh orang-orang. Tanyakan kepada vendor setempat apakah anda dapat meninggal kartu nama atau selebaran di papan buletin mereka.

3. Beritahuna kepada kerabat, keluarga, maupun rekan kerja anda

Beritahukan kepada mereka bahwa anda mejual karya-karya tersebut. Tunjukkan karya yang menurut anda terbaik kepada mereka agar mereka dapat menginformasikannya langsung tentang itu kepada kerabat yang lainnya.

4. Pajang karya di pameran setempat

Carilah beberapa pameran dan putuskan pameran mana yang tepat untuk karya anda. Perlu di ingat bahwa biasanya saat kita membuka stan pada pameran kita harus membayarnya, namun anggaplah itu sebagai investasi dalam bisnis. Membayar sedikit uang akan sepadan dengan penjualan karya seni anda.

5. Memperluas jaringan dan komunitas

Kirimi surat ke stasiun radio, surat kabar, dan publikasi setempat agar dapat dimuat di sebuah periklanan.

Komentar